Pages

November 20, 2010

Sang Alkemis

Judul         » Sang Alkemis - The Alchemist
Penulis      » Paulo Coelho
Genre        » Fiction, Modern Classic
Penerbit   » Gramedia Pustaka Utama
Tahun       » 2005
Halaman  » 216

Yang membuat hidup ini menarik adalah kemungkinan untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan ..

Novel ini ialah karya Paulo Coelho yang saya baca pertama kali. Berkisah tentang perjalanan seorang bocah bernama Santiago, bocah gembala, yang berasal dari Andalusia (Spanyol) tuk meraih cita-citanya/legenda pribadinya mencari harta karun. Awalnya Santiago cukup puas dengan kehidupannya saat itu tetapi mimpi yang datang beulang kali mulai menggangu pikirannya. Hingga pada akhirnya ia bertemu dengan seorang lelaki tua yang mengaku Raja Salem. Orang tua itu melihat banyaknya ketidakmampuan orang untuk memilih Legenda Pribadinya. Salah satu nasihat yang menjadi salah satu quote terkenal dari buku ini disampaikan oleh orang tua itu. "Saat kamu menginginkan sesuatu, segenap alam semesta bersatu untuk membantumu meraihnya.". Sebelum berpisah, raja tua itu memberikan dua batu penolong membaca pertanda, keduanya diberi nama Urim dan Thummim, dan raja tua itu hanya berkata, "Jangan pernah berhenti bermimpi, ikutilah pertanda."

Perjalanan demi perjalanan pun dilalui, mulai bertemu dengan seorang pengusaha toko kristal yang memiliki impian memutari Ka'bah 7 kali namun ia belum sempat meraih mimpinya dan akhirnya memutuskan membuka usaha toko kristal. Selain itu Santiago juga bertemu dengan lelaki Inggris yang memiliki keinginan bertemu dengan Sang Alkemis, Batu Filsuf, dan Obat Hidup. Pada kesempatan ini Santiago jatuh cinta dengan Fatima. Santiago memberanikan diri bilang cinta. Fatima berujar, “Seorang dicintai karena ia dicintai. Tak perlu ada alasan untuk mencintai.”.

Selanjutnya Santiago, bocah kecil itu, bertemu dengan Sang Alkemis. Dan terdapat dialog-dialog menarik yang menambah bobot porsi tersendiri untuk buku ini.
Apakah Santiago mampu meraih impiannya?

Kebanyakan orang menyukai kalimat "Saat kamu menginginkan sesuatu, segenap alam semesta bersatu untuk membantumu meraihnya.", tapi entah mengapa saya paling menyukai kalimat disamping cover.

No comments: