Pages

January 17, 2012

The Straight Story (David Lynch, US, 1999)

Directed byDavid Lynch
Produced byNeal Edelstein
Mary Sweeney
Written byJohn E. Roach
Mary Sweeney
StarringRichard Farnsworth
Sissy Spacek
Harry Dean Stanton
Music byAngelo Badalamenti
CinematographyFreddie Francis
Editing byMary Sweeney
Distributed byWalt Disney Pictures (US)
FilmFour (UK)
Release date(s)May 21, 1999
Running time112 minutes





David Lynch, saya masih ingat pertama kali menonton karyanya dibuat bingung. Sampai sekarang malah saya masih bingung dengan Mulholland Drive :D. Tapi The Straight Story berbeda dengan Mulholland Drive atau Lynchian lainnya. The Straight Story dapat dikatakan tidak menyimpan misteri dan "normal" layaknya film yang sering kita tonton lainnya. Film ini dapat menjadi sebuah Road Movie yang biasa apabila dilakukan dengan cara yang biasa. Yap, The Straight Story merupakan salah satu Road Movie yang unik.

Diangkat dari kisah nyata seorang Alvin Straight, seorang veteran perang, yang melakukan perjalanan dari Iowa menuju Wisconsin (sekitar 400KM)  dengan menggunakan Lawn mower-tractor (kita sebut traktor saja). Adapun alasan Alvin melakukan perjalanan ialah untuk menjenguk saudaranya yang sedang sakit yang lama tidak ia temui.

Alvin Straight diperankan dengan manis oleh Richard Farnsworth di usianya yang menginjak 79 tahun. Bahkan Richard pun mendapatkan nominasi Best Actor Oscar untuk perannya. Sissy Spacek juga memerankan Rose Straight dengan cukup baik, dengan akting gagapnya. Bahkan seorang Harry Dean Stanton yang cuma muncul sebentar sebagai saudara Alvin, Lyle Straight, juga dapat mengekspresikan raut wajah yang pas menurut saya.


The Straight Story, sebuah persembahan yang manis dari David Lynch. Heartwarming.

2 comments:

nugrosinema said...

wah..blum pernah liat film Lynch yg ini,keliatannya simple ya ceritanya gan..
baru liat Mulholland sama Elephant Man doang..

btw, Lynch uda ga bikin film lagi apa yah? lama bgt ...pdahal filmnya bgus and unik2..*ehm,Mulholland Drive? ane juga masi ragu*

Obient said...

Iya, sederhana, bisa dikatakan begitu karena film ini berdasarkan kisah nyata tuk acuan penulisan skenarionya, seperti Elephant Man. Tidak bisa neko-neko.

Terima kasih sudah mampir ya. Salam.