Pages

January 17, 2012

Badlands (Terrence Malick, US, 1973)

Directed byTerrence Malick
Produced byTerrence Malick
Edward R. Pressman
Written byTerrence Malick
StarringMartin Sheen
Sissy Spacek
Warren Oates
Music byGeorge Tipton
James Taylor
(theme "Migration")
CinematographyTak Fujimoto
Steven Larner
Brian Probyn
Editing byRobert Estrin
Distributed byWarner Bros.
Release date(s)October 15, 1973
Running time95 minutes



This is American life at 50's. Saya tidak yakin apabila di Indonesia ada case seperti di film yang ditulis dan disutradarai oleh Terrence Malick di debut penyutradaraannya ini. Sebuah romance-crime yang disajikan secara narasi menurut sudut pandang Holly (Sissy Spacek), seorang gadis yang menginjak usia dewasa. Cara narasi ini juga kemudian akan kita jumpai di film-film Terry Malick selanjutnya, khususnya akan berkembang di film The Thin Red Line (1999) yang menyajikan multiple narrative.

Kembali ke Badlands, bercerita tentang kisah cinta Kit (Martin Sheen), seorang pemuda berjiwa pemberontak di South Dakota yang bergaya seperti James Dean, jatuh cinta dengan Holly. Namun kisah cinta mereka tidak disetujui oleh ayah Holly. Jiwa pemberontak Kit pun muncul, dan terjadi apa yang sering kita dengar bahwa "Cinta itu buta".


Badlands, sebuah Road Movie yang menarik, dengan sajian cinematography indah yang didominasi warna pastel, pemandangan alam khususnya ladang gandum. Yap, gambar-gambar seperti ini akan kita jumpai kembali di karya Terry Malick selanjutnya, Days of Heaven (1978), bahkan lebih indah. Badlands, cukup disturbing memang untuk sebuah drama percintaan anak muda. Namun jika melihat seorang Kit di bagian akhir film, bisa jadi pandangan kita berubah.

Oh ya, lagu dari Nat King Cole, "A Blossom Fell", yang digunakan sebagai soundtrack sudah sangat pas.

... We planned together to dream forever
The dream has ended, for true love died
The night a blossom fell and touched two lips that lied ...

No comments: