Pages

January 13, 2012

Midnight Run (Martin Brest, US, 1988)

Directed byMartin Brest
Produced byMartin Brest
Written byGeorge Gallo
StarringRobert De Niro
Charles Grodin
Yaphet Kotto
Music byDanny Elfman
CinematographyDonald E. Thorin
Distributed by    Universal Pictures
Release date(s)    July 20, 1988
Running time    126 minutes

Tiap kritikus film menilai kelebihan suatu film dari segi yang berlainan. Ada yang melihat dari segi akting pemainnya, keindahan cinematography-nya, dan masih banyak lagi. Tetapi bagi saya, dan mungkin anda, yang hanyalah seorang penikmat film mungkin cukup satu kata saja dalam menilai suatu film. Sebagai contoh, "Serruuuu" , atau mungkin dua kata, "Kerenn coy". Ya, kalo bisa saya simpulkan dari satu dan dua kata tersebut ialah itulah segi yang dinilai oleh penikmat film seperti kita, segi entertainment. Yap, Midnight Run adalah salah satu contoh film yg entertain sekali.

Robert De Niro dan Charles Grodin bintangnya. Duo tersebut mampu menghibur saya dengan tingkahnya yang saling "mengungguli". Ditambah aksi pendukung dari John Ashton, Yaphet Kotto, dan lainnya yang membuat ramai film ini. Tetapi menurut saya yang membuat film ini sangat entertain ialah cara cerita yang runtun, rapi, dan tidak membuat bosan dari screenwriter George Gallo.



Premis dari film ini sederhana, seorang pemburu bayaran, Jack Welsh (De Niro), yang mendapat order menangkap Jonathan Mardukas (Grodin) atau biasa dipanggil The Duke yang merupakan seorang akuntan yang "menilep" uang dari bos gangster narkoba Jimmy Serrano. Yap, terlihat simple tetapi pada akhirnya meliuk-liuk.

Road Movie, Crime-Comedy, merupakan genre film yang menyenangkan. Comedy disini tidak terlalu dark seperti In Bruges (2008) yang juga bergenre Crime-Comedy. Ah Midnight Run, sungguh sangat menghibur sekali.

No comments: