Pages

January 30, 2012

Abigail's Party (Mike Leigh, UK, TV Play, 1977)

Devised byMike Leigh
Produced byMargaret Matheson
Based onAbigail's Party, a Stage Play of Hampstead Theatre Production by Mike Leigh
StarringAlison Steadman, Tim Stern, Janine Duvitski, John Salthouse, Harriet Reynolds
ChannelBBC
Running Time102 Minutes

Saya memang belum menonton semua karya-karya Mike Leigh, sejauh ini hanya 7 film. Selama pengalaman menonton karya beliau mungkin terasa ada karakter yang annoying sekali, polos, dan perbedaan kelas antar karakter. Hal serupa juga ada di Abigail's Party. Film yang diangkat dari stage play berjudul sama ini menceritakan tentang kehidupan bermasyarakat, dalam hal ini disajikan dalam bentuk suatu acara silaturahmi. Beverly & Laurence menjadi tuan rumah acara kumpul-kumpul kecil perumahan. Ange & Tony ialah yang pertama kali datang, mereka ialah warga baru di komplek tersebut, Kemudian dilanjutkan dengan kehadiran Sue yang datang ke acara tersebut karena di rumahnya sedang ada pesta ulang tahun anaknya, Abigail.

Beverly merupakan seorang istri yang bossy, dan masih banyak lagi karakter unik seorang Beverly. Laurence, seorang suami yg selalu mengalah, saya suka curhatan implisit dia pertengahan film. Ange & Tony mungkin kebalikan dari Beverly & Laurence, Hanya saja Tony cukup jaim di luar rumah. Sedangkan Sue merupakan seorang wanita yang sudah bercerai dengan suaminya. Setelah menonton seperempat bagian mulai terlihat adanya perbedaan kelas dari obrolan mereka.

Yap, film ini hanya bersetting di ruang tamu Beverly & Laurence sepanjang kurang lebih 100 menit. Akting dan ekspresi mereka cukup memukau saya, khususnya seorang Alison Steadman. Tetapi karakter fave saya disini ialah Laurence. Dialognya? oke. Walau hampir 2 jam hanya di ruang tamu, tetapi tidak terasa flat, malah semakin kebelakang semakin panas. Selamat mencari dan menonton.

No comments: